ALIH KODE DIALOG INTERAKTIF PADA KANAL YOUTUBE HALO82 OLEH MEMBER AESPA

TUNNISA, YUSRINA (2022) ALIH KODE DIALOG INTERAKTIF PADA KANAL YOUTUBE HALO82 OLEH MEMBER AESPA. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (837kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Alih Kode Dialog Interaktif Pada Kanal Youtube Halo82 Oleh Member aespa, bertujuan untuk mengetahui bentuk alih kode apa saja, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya alih kode dalam video tersebut. Berfokus pada teori dari Wardhaugh (1986) yang menyatakan bahwa terdapat dua jenis macam alih kode yaitu, alih kode situasional dan alih kode metaforis dengan pola alih kode internal dan eksternal. Dalam hal ini, peneliti menggunakan dua jenis alih kode tersebut sebagai penelitian yang diteliti serta metode deskriptif kualitatif dengan teknik simak bebas libat cakap untuk menganalisis data dan permasalahan pada penelitian ini. Hasil analisis menemukan bahwa dalam video aespa hanya terdapat alih kode eksternal, yang mencakupi perubahan bahasa dari bahasa Korea ke bahasa Indonesia dan ke bahasa Inggris. Sedangkan berdasarkan jenisnya, terdapat 16 alih kode situasional dan 3 alih kode metaforis. Faktor terjadinya alih kode dalam video aespa ada lima, di antaranya meliputi faktor Norm of Interaction yang terdapat 2 data, Participants yang terdapat 19 data, Setting and Scene yang terdapat 3 data, Key yang terdapat 3 data, dan Act Sequence yang terdapat 1 data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:09
Last Modified: 05 Oct 2022 03:09
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5313

Actions (login required)

View Item View Item