Achmad Budiman Sudarsono, - (2018) KONSTRUKSI REALITAS PENCITRAAN HARY TANOESOEDIBJO PADA IKLAN PARTAI PERINDO. In: PROCEEDING DEMOKRASI DAN PENGUATAN PARTISIPASI MASYARAKAT.
|
Text
PROSIDING ACHMAD BUSIMAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sebagai partai pendatang baru, Perindo (Partai Persatuan Indonesia) mulai gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat. Walau saat ini belum musim kampanye, namun, Hary Tanoesoedibjo (HT) berhasil memainkan peran komunikasi politik dengan iklan Partai Perindo yang ditayangkan di MNC Group. Dengan menampilkan scane-scane yang bisa dimaknai sebagai eksploitasi dan komodifikasi atas pencitraan kesuksesan dan merakyatnya HT. Kegiatan ini jelas memberikan efek, terbukti, versi Lembaga Survei Poltcraking, saat ini, Partai Perindo masuk dalam 10 besar dengan angka 1,3% dan berhasil menggeser posisi Partai Hanura, PBB, PKPI dan PSI. Lewat metode kualitatif dan teori semiotika Jhon Fiske, terlihat dengan jelas betapa iklan televisi dapat menyuguhkan informasi secara audio visual, sehingga, jika diproyeksikan atau dikaitkan pada suatu citra dan keperibadian tertentu pencitraan ini dapat berorientasi pada keterkaitan secara psikologis dan emosional dari suatu yang diiklankan. Kata Kunci: Komunikasi Politik, Diplomasi, Iklan, Partai Perindo, dan Hary Tanoesoedibjo.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Depositing User: | BPSI Unas |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 05:56 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 05:56 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/265 |
Actions (login required)
View Item |