Analisis Keputusan Pembelian Produk Shampo Sunsilk

NURSYIFA, NURSYIFA (2011) Analisis Keputusan Pembelian Produk Shampo Sunsilk. Diploma thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
NURSYIFA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berkembangnya Produk Shampo Sunsilk yang dinilai berhasil mengembangkan potensi pasar sebagai alat kosmetik selama ini mendapatkan tempat yang cukup baik dimata konsumen . sekarang ini sudah banyak shampo berbagai merek yang beredar mulai dari pantene, rejoice, zinc, clear, dove, lifeboy, head and shouolders dan merek lainnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menentukan dan menganalisis pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian, untuk menentukan dan menganalisis pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian, dan untuk menentukan dan menganalisis pengaruh faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan pembeian. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil 100 responden, dimana masing-masing konsumen diberikan 18 pertanyaan. Dari hasil pengujian multikolinieritas dapat diketahui nilai variance inflation factor (VIF) kedua variabel, yaitu faktor sosial (4,468) dan faktor pribadi (4,468) dimana angka tersebut di bawah angka 10. Hasil pengujian normalitas didapat data menyebar disekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis diagonalnya menunjukkan pola distribusi normal. Hasil pengujian heteroskedastisitas terlihat bahawa pada model regresi diketahui titik menyebar baik diatas maupu dibawah nilai 0 pada sumbu mendatar atau sumbu Y. Hasil pengujian autokorelasi didapat nilai Uji Durbin Watson (D-W) = 1,860 berada didaerah tidak ada autokorelasi, karena nilai D-W diantara 1,5 sampai 2,5 berarti tidak ada autokorelasi. Analisis regresi linier berganda pengaruh faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian didapat persamaan regresi yaitu Y= 2,050 + 0,235 (Xi) + 0,259 (X2), berdasarkan persamaan regresi tersebut memiliki implikasi terhadap pengambilan keputusan, persamaan regresi tersebut dapat dijelaskan bahwa bo = 2,050 merupakan konstanta . Pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian sebesar 0,235 (XI), dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian sebesar 0,259 (0,259) dari analisa diatas diperoleh korelasi berganda R sebesar 0,819. Hal ini menunjukkan suatu hubungan yang kuat dari variabel faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian, karena angka tersebut mendekati angka 1. Untuk mengetahui presentase variabel independen yaitu faktor sosial (Xi) dan faktor pribadi (X2) terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y) digunakan koefisien determinasi, diperoleh angka koefisien determinasi sebesar 0,671 atau (67,1%) yang artinya tin gif at variabel faktor sosial (X() dan faktor pribadi (X2) sebesar 67,1% sedagkan sisanya 32,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Bahwa nilai Fhitung sebesar 99,019 dengan tingkat signifikan 0,000. Nilai F,abei sebesar 3,090 dengan tingkat signifikan <0.05. Karena nilai F hitung > F tabei (99,019 > 3,090) dan signifikan (0,000 < 0,05), maka demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa faktor sosial (Xi) dan faktor pribadi (X2) secara bersama-sama berpengaruh nyata dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) produk shampo sunsilk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Skripsi > Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 06 Dec 2020 03:17
Last Modified: 06 Dec 2020 03:17
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item