PENGARUH HARGA JUAL DAN BIAYA SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN KACAMATA BONIA PADA A. KASOEM CIKINI OPTIKAL

ALFARIZI, DENNY (2011) PENGARUH HARGA JUAL DAN BIAYA SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN KACAMATA BONIA PADA A. KASOEM CIKINI OPTIKAL. Diploma thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
DENNY ALFARIZI .pdf

Download (2MB)

Abstract

Berhasilnya suatu perusahaan tentunya juga dapat dilihat dari meningkatnya hasil penjualan sehingga dapat meningkatkan laba perusahaan itu sendiri. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis besamya pengaruh harga jual dan saluran distribusi terhadap volume penjualan. Data penelitian ini merupakan data sekunder dengan pengamatan selama 36 bulan, dari tahun 2008 s/d 2010 yang diperoleh dari perusahaan A. Kasoem Cikini Optikal. Model analisis yang dipilih yaitu menggunakan model regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji F (serempak) dan uji t (parsial). Dari hasil analisis model regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 66,732 - 0,108Xi + 0,231X2, dengan konstanta (bo) = 66,732, artinya jika harga jual (Xj) dan biaya saluran distribusi (X2) nilainya adalah konstan, maka nilai volume penjualan (Y) adalah 66,732. Koefisien regresi variabel harga jual (Xi) menunjukkan hubungan negatif terhadap voliune penjualan, dengan memperoleh angka sebesar -0,108 artinya jika harga jual (Xi) mengalami kenaikan Rp 1,-, maka volume penjualan (Y) akan mengalami penurunan sebesar -0,108 dengan asumsi variabel independen lain nilainya tetap, sedangkan koefisien regresi variabel biaya saluran distribusi (X2) menunjukkan hubungan positif dengan memperoleh angka sebesar 0,231 artinya jika biaya saluran distribusi mengalami kenaikan Rp 1,- maka volume penjualan akan mengalami peningkatan sebesar 0,231 dengan asumsi variabel independen lain nilainya tetap. Hasil korelasi berganda (R) sebesar 77,7%, hal ini menunjukkan hubungan yang kuat antar variabel, sedangkan koefisien deteminasi (R2) sebesar 60,8%, artinya variasi variabel independen (X) mampu menjelaskan sebesar 60,4% variasi variabel dependen, sedangkan sisanya sebesar 100% - 60,4% = 39,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Skripsi > Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 06 Dec 2020 03:17
Last Modified: 06 Dec 2020 03:17
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/2301

Actions (login required)

View Item View Item