PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING UNTUK MEMOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATERI AJAR

Heni Jusuf, - (2016) PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING UNTUK MEMOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATERI AJAR. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 3 (1). pp. 28-36. ISSN 2407-3911

[img]
Preview
Text
24. HENI JUSUF S.Kom, M.Kom.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Penggunaan blended learning dibidang pembelajaran telah banyak dilakukan. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, penelitian tentang efek kognitif dan implikasi blended learning terhadap desain instruksional sudah banyak dilakukan, namun penelitian tentang efek motivasi dalam konteks penggunaan blended learning pada proses pembelajaran masih sangat sedikit. Salah satu tujuan utama penggunaan blended learning dalam proses pembelajaran adalah untuk memotivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh blended learning terhadap hasil belajar algoritma pemrograman menggunakan motivasi model ARCS. Hasil kajian literatur tentang motivasi dalam konteks pembelajaran dengan blended learning dan penggunaan multmedia, menunjukkan bahwa peneliti dan praktisi mempertimbangkan sejumlah aspek penting untuk memastikan bahwa motivasi merupakan bagian yang tergabung dalam sumber pembelajaran untuk mengoptimalkan pengalaman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 46% peserta didik menyukai penggunaan multimedia dalam pembelajaran, diikuti selanjutnya senang yaitu 35%. Media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan adalah media pembelajaran yang dapat membantu pengajar dan peserta didik dalam proses transfer of knowledge. Kata kunci: blended learning, motivasi, desain instruksional

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Artikel > Teknik
Depositing User: BPSI Unas
Date Deposited: 23 Aug 2017 16:04
Last Modified: 23 Aug 2017 16:04
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item