Utari, Aninda Puti (2025) OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN USAHA SAYURAN HIDROPONIK DI JAKARTA (Studi Kasus Forever Green Hydroponic Farm, Jakarta Timur). Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (476kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran, Hasil Turnitin).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran dan merumuskan alternatif strategi pemasaran yang efektif untuk dilakukan pada usaha sayuran hidroponik di Forever Green Hydroponic Farm. Penelitian ini dilaksanakan di Forever Green Hydroponic Farm, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kota Jakarta pada bulan Desember 2024-Januari 2025. Pengumpulan data menggunakan metode sampel jenuh dan pengambilan sampel yang digunakan sebanyak 32 responden. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Strategi pemasaran yang digunakan oleh Forever Green Hydroponic Farm yaitu dengan memanfaatkan digital marketing seperti Instagram, Tiktok, Tokopedia, dan WhatsApp dalam proses pemasaran dan penjualan sayuran hidroponik tersebut. Hasil analisis IFE, pada kekuatan utama yaitu menjual sayuran hidroponik melalui Instagram, Tokopedia, TikTok, dan WhatsApp dan kelemahannya yaitu harga sayuran hidroponik cukup mahal dibandingkan sayuran konvensional dan pengeluaran untuk aktivitas produksi sayuran cukup besar. Sedangkan hasil analisis matriks EFE, menunjukkan peluang terbesar yaitu permintaan sayuran hidroponik diperkirakan meningkat dalam beberapa tahun ke depan dan ancamannya yaitu pesaing dengan penawaran menarik dan harga jual lebih murah dan ancamannya yaitu pesaing dengan penawaran menarik dan harga jual lebih murah. Diharapkan Forever Green Hydroponic Farm memajukan pemasaran bisnis tersebut serta dapat mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada serta dapat mempertahankan kualitas sayuran untuk meningkatkan permintaan sayuran hidroponik di masa depan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 06:17 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 06:17 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/14064 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |