Laila, Sitta Nur (2025) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR TAHUN 2024. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (809kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (831kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika implementasi kebijakan sistem zonasi tingkat Sekolah Menengah Pertama Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 1 Cibinong, yang dapat ditinjau melalui dimensi Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Tujuan dari kebijakan sistem zonasi ini adalah untuk memastikan pemerataan distribusi peserta didik dan memberikan akses yang lebih adil bagi siswa yang tinggal di sekitar wilayah sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 12 orang, yang terdiri dari Kepala Sekolah, Panitia PPDB, orangtua siswa, dan siswa yang mengikuti langsung proses kebijakan sistem zonasi. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer, yang diperoleh langsung dari informan, serta data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang akan dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif dan konsisten melalui berbagai saluran, seperti media sosial dan pengumuman resmi, membantu masyarakat dalam memahami kebijakan zonasi. Ketersediaan sumber daya manusia yang cukup dan dukungan infrastruktur, termasuk teknologi dan fasilitas pendukung, berkontribusi besar terhadap kelancaran pelaksanaan PPDB. Selain itu, disposisi kepala sekolah dan staf yang berkomitmen terhadap prinsip transparansi dan keadilan turut menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi. Struktur birokrasi yang mengikuti SOP yang jelas mempermudah prosedur administrasi dan penanganan keluhan dari masyarakat. Secara keseluruhan, meskipun ada tantangan terkait kapasitas dan kuota, pelaksanaan kebijakan sistem zonasi di SMP Negeri 1 Cibinong dapat dianggap berhasil, meskipun masih terdapat beberapa aspek yang memerlukan perbaikan. Namun, penerimaan siswa berdasarkan kuota dan kapasitas menjadi tantangan dalam proses pelaksanaan sistem zonasi. Hal ini bisa menciptakan ketidakpuasan yang lebih besar jika tidak dikelola dengan baik. Kata Kunci : Problematika, Implementasi Kebijakan, Sistem Zonasi, PPDB, SMP Kecamatan Cibinong
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:57 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:57 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |