ANALISIS STP (SEGMENTING, TARGETING, DANPOSITIONING) PADA COPYWRITING DI INSTAGRAM@upods_id DALAM MEMPERKENALKANPRODUK

ALAMANDHA, TITAN (2025) ANALISIS STP (SEGMENTING, TARGETING, DANPOSITIONING) PADA COPYWRITING DI INSTAGRAM@upods_id DALAM MEMPERKENALKANPRODUK. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (632kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (335kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara brand berkomunikasi dengan audiens, terutama melalui media sosial seperti Instagram. Copywritingmenjadi elemen penting dalam menarik perhatian dan membangun keterikatandengan konsumen. Penelitian ini menganalisis pengemasan pesan oleh copywriter pada akun Instagram @upods_id dalam memperkenalkan produk menggunakanpendekatan Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) serta perspektif PublicRelations. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, denganteknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @upods_id menerapkan Copywritingdengan bahasa persuasif serta Call-To-Action (CTA) yang mendorong interaksi audiens. Selain itu, Copywriting juga didukung oleh elemen visual danpemanfaatan fitur Instagram. Tantangan yang dihadapi dalam pengemasan pesanadalah kesalahan penulisan (typo) dan kurangnya optimalisasi fitur interaktif. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi copywriter untuk lebihmemperhatikan ketepatan bahasa, pemanfaatan fitur Instagramyang lebihmaksimal, serta strategi Copywriting yang lebih efektif untuk meningkatkanketerlibatan audiens dan memperkenalkan produk untuk masyarakat luas. Kata kunci: Copywriting, Instagram, STP, Public Relations, @upods_id.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:25
Last Modified: 24 Jul 2025 04:25
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13957

Actions (login required)

View Item View Item