UPAYA KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE PT. BANK XYZ KELURAHAN PONDOK LABU DALAM MENGEDUKASI NASABAH TERKAIT ANCAMAN PHISHING PADA APLIKASI M-BANKING

ZAHRANI, RANISHA EKA (2025) UPAYA KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE PT. BANK XYZ KELURAHAN PONDOK LABU DALAM MENGEDUKASI NASABAH TERKAIT ANCAMAN PHISHING PADA APLIKASI M-BANKING. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya komunikasi yang dilakukan Customer Service dalam mengedukasi nasabah terkait ancaman phishing pada aplikasi M-Banking. Perkembangan teknologi terus meningkat, hal tersebut juga berdampak pada sektor keuangan. Salah satu bentuk kemajuan teknologi pada sektor keuangan adalah Aplikasi M-Banking. Kemajuan teknologi tidak luput dari berbagai tantangan, salah satunya yaitu phishing. Phishing adalah suatu bentuk kejahatan siber yang bertujuan untuk mencuri informasi pribadi seseorang. Dalam kasus ini perlu adanya edukasi dari pihak bank kepada nasabah untuk menghindari phishing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan Teori Difusi Inovasi sebagai teori utamanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya komunikasi yang dilakukan Customer Service dalam mengedukasi nasabah dengan meggunakan strategi komunikasi efektif, optimalisasi pelayanan, dan penggunaan skill. Edukasi yang dilakukan oleh customer service berhasil membuat nasabah menerapkan tips-tips keamanan yang disarankan pada kehidupan sehari-hari. Nasabah mengadopsi inovasi dengan menggunakan 5 tahapan yaitu, pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, dan konfirmasi. Kata Kunci : Komunikasi, Customer Service, Aplikasi M-Banking, Phishing

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:54
Last Modified: 24 Jul 2025 03:54
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item View Item