PRATIWI, FEBIYANA (2025) PERAN INSTAGRAM @TVRINASIONAL DALAM MEMPUBLIKASIKAN PROGRAM ACARA TVRI NASIONAL. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (634kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (677kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (914kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Instagram @TVRINasional dalam jurnalisme digital, khususnya pada TVRI Nasional, sebagai bagian dari transformasi media massa tradisional ke platform digital. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik wawancara mendalam penelitian ini mengkaji bagaimana Instagram digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi dan berita kepada khalayak di era digital. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media sosial Instagram yang menjelaskan bagaimana fitur dan kharakteristik platform ini mendukung proses komunikasi dan distribusi informasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Instagram @TVRINasional memainkan peran penting dapat menjembatani khalayak dengan berita yang cepat dan relevan, sesuai kebutuhan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang menarik seperti foto, video singkat, dan Instagram stories, Reels, dan IGTV, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten dalam berbagi format. Konten yang dihasilkan bertujuan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, terutama generasi muda yang lebih cenderung menggunakan media sosial sebagai sumber informasi utama. Selain itu, Instagram juga digunakan untuk memperkuat hubungan dua arah antara TVRI Nasional dan khalayak melalui interaksi langsung seperti komentar, polling, dan diskusi. Hasil penelitian juga menemukan perlunya mengelola kualitas dan konsistensi konten, serta dalam mengoptimalkan penggunaan Instagram untuk menyampaikan informasi yang berimbang dan akurat. Oleh karena itu, TVRI Nasional perlu terus berinovasi dan meningkatkan pemanfaatan Instagram sebagai platform jurnalisme digital yang efektif dalam merespons kebutuhan audiens yang dinamis.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Delvy Aplirizani - |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:42 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:42 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |