Auralya, Dinda Fryda (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PIPILTIN COCOA MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (945kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (813kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (980kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (742kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (634kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
erkembangan teknologi telah memberikan dampak signifikan terhadap berbagai sektor industri, termasuk industri makanan di Indonesia. Sebagai salah satu sektor yang terus berkembang, industri makanan harus beradaptasi dengan perubahan gaya hidup dan tren konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Pipiltin Cocoa melalui Instagram dalam meningkatkan Brand Awareness sebagai produk cokelat lokal premium di Indonesia. Pipiltin Cocoa mengadopsi elemen-elemen teori Integrated Marketing Communication (IMC), seperti periklanan, promosi penjualan, pemasaran digital, dan word-ofmouth guna menjangkau audiens yang lebih luas dan memperkuat citra merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi konten Instagram, dan analisis informasi pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan telah menghasilkan konten visual yang menarik serta mendukung identitas merek. Namun, tingkat keterlibatan audiens dan loyalitas pelanggan masih perlu ditingkatkan. Strategi yang diterapkan terbukti efektif dalam meningkatkan Brand Awareness dengan kenaikan followers Instagram tetapi belum mencapai Top of Mind. Sebagai rekomendasi, penelitian ini menyarankan agar Pipiltin Cocoa meningkatkan kolaborasi dengan influencer mikro, mengoptimalkan fitur Instagram seperti Reels dan Stories, pollings, Q&A, giveaway serta menciptakan konten interaktif guna meningkatkan keterlibatan audiens. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan strategi komunikasi Pipiltin Cocoa dapat meningkatkan Brand Awareness secara lebih signifikan dan mempertahankan daya saingnya di pasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Delvy Aplirizani - |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:20 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:20 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |