PASYA, DEVIANDRA MEZZALUNA (2025) PERSONAL BRANDING RENATA AULIA SEBAGAI MICRO INFLUENCER MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL TIKTOK. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (958kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan media sosial, khususnya TikTok, telah membuka peluang baru dalam membangun personal branding, termasuk bagi micro influencer di bidang fashion streetwear. Penelitian ini menganalisis pembentukan personal branding Renata Aulia melalui akun TikTok @r_________nata dengan menggunakan teori Peter Montoya, yang mencakup delapan konsep utama: spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, visibilitas, kesatuan, keteguhan, dan reputasi baik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta validitas data yang diuji melalui triangulasi sumber, metode, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Renata Aulia terbentuk melalui tiga aspek utama, yaitu nilai, keterampilan, dan perilaku. Dari segi nilai, ia menonjolkan orisinalitas dan kreativitas dalam konten fashion streetwear yang khas dan autentik. Pada aspek keterampilan, ia mampu memadupadankan outfit dengan estetika menarik serta mengikuti tren TikTok. Sementara itu, aspek perilaku ditunjukkan melalui interaksi aktif dengan audiensnya, seperti membalas komentar, melakukan sesi tanya jawab, dan merespons tren untuk meningkatkan engagement. Konsistensi dalam membangun identitas digital serta strategi komunikasi yang autentik menjadikannya sebagai micro influencer yang kredibel dan berpengaruh dalam industri fashion digital.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Delvy Aplirizani - |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 06:39 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 06:39 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |