ANANDA, AVRILYA DWI (2025) STRATEGI PENGELOLAAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KITCHENETTE.FOODSTATION UNTUK MENGEMBANGKAN ONLINE ENGAGEMENT. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi mengubah cara bisnis berkomunikasi dengan konsumen, di mana media sosial, khususnya Instagram, berperan penting untuk mengembangkan online engagement. Masalah utama yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengelolaan konten di media sosial Instagram dalam membangun keterlibatan audiens yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan konten media sosial Instagram untuk mengembangkan online engagement pada akun Instagram @kitchenette.foodstation. Dengan merujuk pada Teori New Media yang dikembangkan oleh Pierre Levy yang terdapat dua sudut pandang yaitu interaksi sosial dan integrasi sosial serta berdasarkan konsep Share, Optimize, Manage, Engage. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode studi kasus, pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi sebagai penunjang. Terdapat lima informan dalam penelitian ini. Menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan konten visual yang kreatif, interaktif melalui fitur seperti reels dan stories, serta respons cepat terhadap audiens merupakan faktor utama dalam meningkatkan keterlibatan. Penggunaan caption yang relevan, dan hashtag yang efektif turut memperkuat online engagement. Dalam strategi kontennya, mereka juga telah sesuai dengan sifat strategi menurut Mathewson & Moran yakni credible, targeted, differentiated, namun pada sifat measurable mereka belum maksimal. Apabila ditinjau berdasarkan konsep The Circular Model of SOME : Share, Optimize, Manage, Engage, tim content creator telah sesuai dengan konsep tersebut kecuali pada aspek optimize yang belum dimaksimalkan. Kesimpulan pada penelitian ini dengan ditinjau melalui sifat strategi serta konsep The Circular Model of SOME tersebut, maka tim content creator Tentang Kopi Kitchenette dapat membangun online engagement pada akun Instagram @kitchenette.foodstation dalam bentuk paling banyak berupa like.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Delvy Aplirizani - |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 03:15 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 03:15 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |