TRATEGI KOMUNIKASI “RELATIONSHIP MANAGER’’ DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS SELLER DI MARKETPLACE SHOPEE

CHAN, ANNISA ANANDA RIZKI (2025) TRATEGI KOMUNIKASI “RELATIONSHIP MANAGER’’ DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS SELLER DI MARKETPLACE SHOPEE. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (55kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi yang diterapkan oleh Relationship Manager (RM) dalam mempertahankan loyalitas seller di marketplace Shopee. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya komunikasi efektif dalam membangun hubungan bisnis yang kuat di era digital, terutama di platform e-commerce yang kompetitif. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengacu pada teori Two-Way Symmetrical Communication untuk mengeksplorasi dinamika komunikasi antara RM dan seller. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi strategi komunikasi yang diterapkan oleh RM untuk membangun kepercayaan, menangani keluhan, dan memastikan keberlanjutan hubungan bisnis dengan seller. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Relationship Manager dan beberapa seller yang berpengalaman menggunakan Shopee sebagai platform penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Relationship Manager, seperti pendekatan personal, transparansi dalam penyampaian informasi, serta inovasi teknologi melalui fitur seperti laporan penjualan dan promosi, mampu menciptakan hubungan yang kuat antara seller dan Shopee. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pengembangan strategi komunikasi interpersonal dalam konteks bisnis digital, sekaligus menawarkan panduan praktis bagi pelaku industri ecommerce.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:54
Last Modified: 23 Jul 2025 02:54
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13892

Actions (login required)

View Item View Item