Rihan, Fauziah Amanda (2025) Efektivitas Layanan Kesehatan Melalui Mobile-Jkn Pada Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Cabang Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (687kB) |
Abstract
Aplikasi Mobile-JKN merupakan layanan administratif kesehatan melalui digital yang dikembangkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk memberikan kemudahan serta meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan Mobile-JKN di BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan berdasarkan delapan dimensi efektivitas pelayanan digital menurut Pedrosa, yaitu kemudahan penggunaan, bermanfaat, sederhana, terpercaya, tersedia, dapat dimengerti, konsisten, dan cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pihak BPJS Kesehatan Jakarta Selatan serta masyarakat pengguna aplikasi Mobile-JKN dari berbagai kategori usia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Mobile-JKN telah memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengakses layanan kesehatan secara digital, terutama dalam fitur pendaftaran antrean dan informasi kepesertaan. Namun, terdapat beberapa kendala yang masih dirasakan oleh pengguna, seperti ketidaksesuaian jadwal dokter di aplikasi dengan kenyataan di rumah sakit, serta minimnya notifikasi terkait status kepesertaan. Selain itu, faktor jaringan internet masih menjadi tantangan dalam kecepatan akses aplikasi. BPJS Kesehatan telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan efektivitas aplikasi melalui sosialisasi, edukasi, serta penyediaan layanan alternatif seperti loket kantor cabang dan layanan Pandawa atau pusat layanan CC 165.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | - Abdurrahman - |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:55 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:55 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |