AZZAHRA, FAUZIA (2025) CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN KEDAI NYONYA TUA JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (628kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (590kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada bagaimana Customer Relationship Management yang diterapkan oleh Kedai Nyonya Tua dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh perjalanan bisnis Kedai Nyonya Tua yang unik dan menarik, di mana usaha ini bermula sebagai bisnis rumahan yang hanya menerima pesanan secara online di Sentul, Bogor. Seiring dengan meningkatnya loyalitas pelanggan dan permintaan pasar, Kedai Nyonya Tua kemudian berkembang menjadi kedai fisik yang berlokasi di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Berbeda dengan kedai – kedai lain yang memiliki konsep serupa, Kedai Nyonya Tua mengalami transformasi bisnis yang signifikan, dari model bisnis berbasis online menjadi kedai fisik yang lebih luas jangkauannya. Perjalanan transisi ini menunjukkan bagaimana Customer Relationship Management yang diterapkan tidak hanya mampu menjaga keterikatan pelanggan, tetapi juga mendorong pertumbuhan bisnis dari skala rumahan hingga menjadi usaha kuliner yang berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai praktik Customer Relationship Management di Kedai Nyonya Tua. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Manajemen Hubungan dengan konsep utama yang meliputi Customer Relationship Management, mempertahankan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Relationship Management yang diterapkan oleh Kedai Nyonya Tua mencakup tiga tahapan utama, yaitu mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang telah ada dan mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang. Meskipun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai kendala, Customer Relationship Management yang diterapkan tetap berhasil mempertahankan loyalitas pelanggan. Hal ini ditandai dengan adanya pembelian berulang, rekomendasi positif dari pelanggan, serta keterlibatan aktif pelanggan dengan brand Kedai Nyonya Tua.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Delvy Aplirizani - |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:28 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:28 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |