ANALISIS KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PADA ANAK USIA 6-12 TAHUN DI KELURAHAN RAGUNAN, JAKARTA SELATAN

YUNIAR, REVINA (2025) ANALISIS KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PADA ANAK USIA 6-12 TAHUN DI KELURAHAN RAGUNAN, JAKARTA SELATAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa baik orang tua dan anak berinteraksi satu sama lain untuk mendorong minat baca di kalangan anak usia 6 hingga 12 tahun di Kelurahan Ragunan, Jakarta Selatan. Untuk memeriksa data secara menyeluruh melalui observasi, wawancara, dan pencatatan, pendekatan kualitatif yang dikombinasikan dengan teknik deskriptif adalah metodologi penelitian yang digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan minat baca anak-anak secara signifikan dipengaruhi oleh orang tua dan anak-anak yang memiliki interaksi interpersonal yang baik. Lingkungan yang mendorong pertumbuhan minat baca anak dapat dihasilkan oleh unsur-unsur seperti kesetaraan orang tua, kepositifan, dukungan, empati, dan keterbukaan. Kebiasaan membaca anak-anak juga dapat dibentuk melalui penyediaan bahan bacaan yang menarik, dukungan emosional, dan pemantauan teknologi. Diharapkan orang tua dan lembaga pendidikan akan menggunakan penelitian ini sebagai referensi untuk mendukung pengembangan literasi anak-anak di era digital.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:25
Last Modified: 14 Jul 2025 04:13
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

View Item View Item