RAMADHINA, NAJWA (2025) PERBEDAAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FASHION SEBELUM DAN SESUDAH MEMANFAATKAN AKUN TIKTOK @SASHFIR (SURVEY KEPADA FOLLOWERS AKUN TIKTOK @SASHFIR DI JAKARTA). Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (730kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (485kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemenuhan kebutuhan informasi fashion sebelum dan sesudah memanfaatkan akun tiktok @sashfir (survey kepada followers akun tiktok @sashfir di Jakarta). Dengan menggunakan variasi teori uses and gratification (Katz, Blumler, Gurevitch) yang dikembangkan oleh (Palmgreen) konsep mengukur kepuasan melalui kepuasan yang dicari (gratification sought/ GS) sebagai X1 dan kepuasan yang didapat (gratification obtained/ GO) sebagai X2. Dengan premis pendekatan kebutuhan informasi (Guha) current need approach, everyday need approach, exhaustic need approach, dan catching up need approach. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survei pre-test post-test yang disebarkan kepada 109 responden. Pengujian data dalam penelitian ini melalui uji validitas dan uji reliabilitas kepada 20 responden di luar sampel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data desktiptif dan teknik analisis data inferensial untuk menguji hipotesis dengan uji paired sample t-test yang dibantu oleh SPSS 22. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, dengan membandingkan mean skor GS dan GO pada kategori current need approach akun tiktok @sashfir belum dapat memenuhi kebutuhan followers nya. Sedangkan, pada kategori everyday need approach, exhaustic need approach dan catching up need approach akun tiktok @sashfir dapat memenuhi kebutuhan followers nya. Peneliti juga melakukan uji paired sample t-test terhadap keseluruhan kategori, yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0.148 > 0.05 yang dapat diartikan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemenuhan kebutuhan informasi fashion sebelum dan sesudah memanfaatkan akun tiktok @sashfir bagi followers akun tiktok @sashfir di Jakarta.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:41 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 06:41 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |