Analisis Framing Pemberitaan Media Online Detik.Com Dan Tempo.Co: Isu Gratifikasi Kaesang

Azani, Zaydan Syar (2025) Analisis Framing Pemberitaan Media Online Detik.Com Dan Tempo.Co: Isu Gratifikasi Kaesang. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (568kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis framing pemberitaan media online Detik.com dan Tempo.co dalam mengangkat isu dugaan gratifikasi yang melibatkan Kaesang Pangarep, anak Presiden Joko Widodo. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan analisis framing Robert N. Entman, penelitian ini mengkaji empat elemen utama dalam framing berita, yaitu pendefinisian masalah (Define Problem), identifikasi penyebab (Diagnose Causes), evaluasi moral (Make Moral Judgment), dan rekomendasi penyelesaian (Treatment Recommendation). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Detik.com lebih fokus pada aspek hukum dan administratif, dengan menyoroti klarifikasi dari Kaesang Pangarep dan peran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menangani kasus ini. Sementara itu, Tempo.co mengadopsi pendekatan yang lebih kritis dan investigatif, menyoroti isu-isu seperti etika politik, transparansi, dan potensi konflik kepentingan. Tempo.co juga membahas dampak kasus ini terhadap citra politik Kaesang dan relevansinya dalam dinamika kekuasaan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:19
Last Modified: 14 Jul 2025 03:28
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13476

Actions (login required)

View Item View Item