Bantarangin, Wahyu Agung (2025) Pengaruh Indirect Promotion Di Channel Youtube Miawaug Terhadap Minat Pembelian Game Tcg Di Aplikasi Steam. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (830kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (522kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (684kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (695kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (973kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Indirect promotion yang di ciptakan oleh Miawaug melalui konten game di channel youtubenya terhadap minat pembelian game TCG di aplikasi steam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDCA, teori AIDCA digunakan sebagai model teoritis untuk menjelaskan bagaimana Indirect Promotion memengaruhi minat pembelian melalui lima tahap yakni Attention, Interest, Desire, Conviction, dan Action. Namun, teori ini tidak dihitung secara statistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei eksplanasi sebagai penjelasan pengaruh antar variabel dengan menggunakan bantuan instrumen penelitian berupa kuesioner. Dalam penelitian populasi yang digunakan adalah para subscriber channel youtube dari Miawaug dan jumlah sampelnya ditarik berdasarkan perhitungan melalui rumus Slovin, dan didapatkan hasil 100 sampel. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa variabel Indirect promotion sebagian besar terpapar degan intensitas tinggi dengan minat pembelian terkategorikan cukup tertarik Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi hitung 0.001 < 0.05 terdapat pengaruh signifikan dari Indirect promotion di channel Miawaug terhadap minat pembelian game TCG. Besar pengaruh berdasarkan uji koefisien determinasi keseluruhan adalah sebesar 13.8%, yang berarti 86,2% sisanya dipengaruhi dari variabel lain diluar penelitian ini. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Indirect promotion melalui influencer seperti MiawAug merupakan strategi pemasaran yang efektif. Konten yang kreatif dan relevan dapat memengaruhi kesadaran, ketertarikan, serta keputusan pembelian konsumen di platform digital seperti Steam, meskipun dilakukan secara tidak langsung.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:01 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:52 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |