PELAYANAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT HUMAN INITIATIVE DALAM MEMPERTAHANKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK BERDONASI

IRFANSYAH, MUHAMMAD RAIHAN NUR (2025) PELAYANAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT HUMAN INITIATIVE DALAM MEMPERTAHANKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK BERDONASI. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (928kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Customer Relationship Management (CRM) dalam lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan dampaknya terhadap loyalitas donatur serta pengelolaan hubungan yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan desktiptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengelola LSM dan analisis dokumen yang berkaitan dengan pelayanan CRM yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pelayanan CRM yang baik, termasuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, mampu meningkatkan loyalitas donatur. Selain itu, komunikasi yang transparan dan berkesinambungan antara lembaga dan donatur terbukti penting dalam pengelolaan hubungan yang efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan pelayanan CRM yang lebih baik dalam konteks lembaga swadaya masyarakat, sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berdonasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:44
Last Modified: 07 Jul 2025 03:44
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13418

Actions (login required)

View Item View Item