Pendekatan Komunikasi Rumah Batik Palbatu Dalam Kampanye #Mengenalbatik Melalui Instagram Untuk Menumbuhkan Kesadaran Dan Minat Membatik

Alwahibah, Rika Juliana Putri (2025) Pendekatan Komunikasi Rumah Batik Palbatu Dalam Kampanye #Mengenalbatik Melalui Instagram Untuk Menumbuhkan Kesadaran Dan Minat Membatik. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (490kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam pelestarian budaya khususnya batik menjadi hal yang krusial. Salah satunya terjadi penurunan minat kesadaran dan pengetahuan tentang pelestarian batik sesungguhnya, yaitu membatik. Hadirnya Rumah Batik Palbatu, melalui kampanye #MengenalBatik menjadi salah satu pendekatan komunikasi demi menginformasikan, mengajak, dan menumbuhkan kesadaran terkait batik secara langsung maupun tidak langsung. Pendekatan komunikasi tersebut diperlukan komunikasi yang tepat agar komunikasi berjalan efektif. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana pendekatan komunikasi Rumah Batik Palbatu dalam kampanye #MengenalBatik melalui Instagram untuk menumbuhkan kesadaran dan minat membatik. Teori yang digunakan yaitu model komunikasi S-M-C-R David K. Berlo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui perspektif komunikasi dapat menumbuhkan kesadaran dan minat membatik masyarakat, khususnya generasi muda. Source di sini adalah Rumah Batik Palbatu itu sendiri. Message yaitu pesan yang disampaikan dalam bentuk kalimat ajakan berupa konten-konten di Instagram memiliki daya tarik pesan bersifat emosional. Channel yaitu media yang digunakan dalam menyampaikan pesan yaitu Instagram. Receiver yaitu audiens yang melihat pesan yang disampaikan Rumah Batik Palbatu atau generasi muda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:19
Last Modified: 07 Jul 2025 03:19
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13410

Actions (login required)

View Item View Item