Kampanye Isu Lingkungan Oleh Humas Yayasan Wwf Indonesia Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menjaga Lingkungan Melalui Media Sosial Instagram @Wwf_Id

Sinabutar, Widjoyo (2025) Kampanye Isu Lingkungan Oleh Humas Yayasan Wwf Indonesia Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menjaga Lingkungan Melalui Media Sosial Instagram @Wwf_Id. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kampanye lingkungan yang dilakukan oleh Humas Yayasan WWF Indonesia melalui platform digital, khususnya Instagram (@wwf_id), dalam meningkatkan kesadaran masyarakat. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi penerapan teori komunikasi yang mencakup likeability (keramahan), similarity (kesamaan), dan physical attractiveness (daya tarik visual) dalam penyampaian pesan lingkungan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan informan kunci dari WWF Indonesia serta analisis konten Instagram mereka.Hasil penelitian menunjukkan bahwa WWF Indonesia berhasil memanfaatkan visual berkualitas tinggi, konten yang menarik, serta pendekatan emosional untuk meningkatkan keterlibatan audiens. Kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, komunitas lokal, dan influencer, berperan penting dalam memperluas jangkauan kampanye dan meningkatkan kredibilitas pesan. Selain itu, penggunaan konten interaktif, seperti ajakan untuk berpartisipasi dalam kegiatan nyata, terbukti efektif dalam mendorong audiens untuk lebih aktif mendukung aksi konservasi.Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi kampanye berbasis kolaborasi, penggunaan konten visual yang menarik, serta pendekatan yang relevan dengan kebutuhan lokal terbukti efektif dalam membangun kesadaran dan menginspirasi perubahan perilaku masyarakat terhadap isu-isu lingkungan. Untuk ke depannya, penelitian ini merekomendasikan pengembangan konten yang lebih inovatif dan berkelanjutan guna mempertahankan serta meningkatkan keterlibatan audiens dalam gerakan konservasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:28
Last Modified: 04 Jul 2025 03:28
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13368

Actions (login required)

View Item View Item