REPRESENTASI DUKUNGAN SOSIAL ATLET INDONESIA DALAM IKLAN LE MINERALE “APRESIASI TERBAIK UNTUK ATLET KEBANGAAN INDONESIA” (Analisis Semiotika Roland Barthes)

FADHILLAH, RAIHAN HAFIZH (2025) REPRESENTASI DUKUNGAN SOSIAL ATLET INDONESIA DALAM IKLAN LE MINERALE “APRESIASI TERBAIK UNTUK ATLET KEBANGAAN INDONESIA” (Analisis Semiotika Roland Barthes). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kehadiran para atlet tim nasional sepakbola Indonesia dalam salah satu iklan youtube Le Minerale yaitu “Apresiasi Terbaik untuk Atlet Kebanggaan Indonesia” cukup menarik perhatian. Iklan tersebut memperkenalkan kemasan khusus botol Le Minerale sekaligus menjadi dukungan sosial kepada atlet tim nasional sepakbola Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi dukungan sosial kepada atlet Indonesia dalam iklan Le Minerale “Apresiasi Terbaik untuk Atlet Kebanggaan Indonesia” menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang terdiri dari denotasi, konotasi, dan mitos. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif yang menyajikan data dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kepustakaan. Teknik penyajian data menggunakan teknik dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam scene dalam iklan Le Minerale “Apresiasi Terbaik untuk Atlet Kebanggaan Indonesia” yang merepresentasikan dukungan sosial. Representasi dukungan sosial tersebut terbagi menjadi tiga scene dukungan instrumental, satu scene dukungan emosional, dan dua scene dukungan informatif. Kata Kunci: Iklan Le Minerale, Semiotika Roland Barthes, Representasi dukungan sosial

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:37
Last Modified: 04 Jul 2025 02:37
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13342

Actions (login required)

View Item View Item