Komunikasi Virtual Dalam Penguatan Interaksi Antar Pemain Di Komunitas Angel Esport Pada Game Mobile Legends

Ramzicki, Muhamad (2025) Komunikasi Virtual Dalam Penguatan Interaksi Antar Pemain Di Komunitas Angel Esport Pada Game Mobile Legends. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (267kB)
[img] Text
LAMPIRANN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini pada bagaimana “Komunikasi Virtual dalam Penguatan Interaksi Antar Pemain di Komunitas Angel Esport Pada Game Mobile Legends.” Hal tersebut di latar belakangi oleh kemampuan menganalisis komunikasi virtual dalam penguatan interaksi antar pemain di komunitas Angel Esport pada game Mobile Legends. Teori dan konsep yang digunakan adalah Teori Komunikasi yang dimediasi komputer (Computer-Mediated Communication – CMC) dan menggunakan konsep komunikasi virtual, konsep dasar komunikasi virtual, interaksi sosial, komunitas Angel Esport, jenis-jenis game online, Mobile Legends, penguatan interaksi, Computer Mediated Communication (CMC), komunikasi kelompok, dinamika kelompok game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang bisa peneliti peroleh melalui beberapa hal diantaranya wawancara mendalam dan observasi partisipastif terhadap pemain komunitas di game Mobile Legends, hasil penelitian ini menunjukan bahwa Komunikasi Virtual memainkan peran yang sangat penting dalam memperkuat interaksi hubungan antar pemain di komunitas game tersebut. Fitur-fitur komunikasi dapat memberikan ruang bagi pemain untuk mengatur strategi, memberikan dukungan emosional, dan dapat membangun rasa kebersamaan dalam komunitas. Kesimpulan Komunikasi Virtual di game Mobile Legends tidak hanya berfungsi sebagai alat koordinasi dalam sebuah permainan, tetapi memiliki sebuah media untuk membangun serta memperkuat interaksi sosial antar pemain dalam komunitas game tersebut. Mampu memberikan pandangan baru mengenai penguatan interaksi komunitas Mobile Legends dalam menggunakan komunikasi virtual.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:51
Last Modified: 14 Jul 2025 03:20
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13327

Actions (login required)

View Item View Item