Novianti, Nadila (2025) KAMPANYE DIGITAL PUBLIC RELATIONS KOMUNITAS @INNERWORLD.ID DALAM MEMBANGUN KESADARAN MENTAL MASYARAKAT MELALUI PROGRAM THERAPEUTIC ART-MAKING. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (882kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kampanye digital public relations Komunitas Innerworld dalam upayanya untuk membangun kesadaran mental masyarakat melalui program therapeutic art-making. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengaruh sosial media. Teori ini menyoroti bagaimana pesan yang dikemas melalui media sosial dapat mengubah persepsi dan merubah perilaku individu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah Komunitas Innerworld menggunakan konten melalui instagram untuk menyebarluaskan isu kesehatan mental. Selain Komunitas Innerworld juga menggunakan seni terapeutik dimana peserta dapat mengekspresikan diri melalui seni yang kemudian merupakan salah ciri dari kesadaran mental. Peserta yang terlibat dalam program menunjukan perubahan sikap akan keberanian untuk mengungkapkan diri mereka melalui Instagram. Hal ini mengartikan secara tidak langsung penyebaran kesadaran mental masyarakat melalui seni sebagai ekpresi diri berhasil dilakukan oleh komunitas Innerworld. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui konten dan program yang dirancang melalui media sosial, komunitas Innerworld membantu dalam mendorong partisipasi masyarakat secara aktif dan meningkatkan pemahaman akan kesadaran mental melalui media seni sebagai bentuk ekspresi diri. Kata Kunci: Kesadaran Mental, Therapeutic Art-Making, Kampanye Digital, Digital Public Relations, Instagram
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:41 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:41 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |