Nurasbaha, Monika (2025) Iklim Komunikasi Organisasi Dalam Menjaga Kinerja Karyawan Pada Pt. Andrawinatama Kerta Harja. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.
![]() |
Text
COVERR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (566kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (693kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
LAMPIRANN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Komunikasi internal dalam organisasi sangat penting. Komunikasi berdampak pada Interaksi dan diperlukan dalam sebuah pekerjaan. Interaksi tersebut terjadi bersifat vertikal-horizontal antara atasan dan bawahan. Iklim komunikasi organisasi merupakan salah satunya faktor penyebab baiknya tingkat produktivitas karyawan. Terdapat beberapa faktor dalam iklim komunikasi organisasi, yaitu: (1) keterbukaan dan keterusterangan dalam komunikasi (2) supportivines (3) partisipatif (4) kepercayaan (5) tujuan kinerja yang dikomunikasikan dengan jelas kepada anggotanya. Loyalitas karyawan, kepuasan kerja, dan produktivitas semuanya dipengaruhi oleh kinerja karyawan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif-deskripptif. peneliti akan menganalisa bagaimana iklim komunikasi organisasi yang baik serta dampak terhadap sebuah organisasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Message Design Logic dari Barbara O'Keefe, yang mengidentifikasi tiga logika atau pola pikir yang digunakan saat membuat pesan untuk berkomunikasi: (1) Logika Konvensional (2) Logika Retorika (3) Logika Ekspresif. Penelitian ini menegaskan bahwa iklim komunikasi yang baik dalam organisasi merupakan aset penting bagi organisasi untuk meningkatkan kinerja dari karyawan, etika anggota organisasi merasa dihargai dan diperlakukan dengan rasa saling menghormati, mereka lebih termotivasi untuk memberikan kontribusi terbaik mereka. Oleh karena itu, organisasi perlu fokus pada pembentukan budaya komunikasi yang mendukung keterbukaan, transparansi, dan kolaborasi yang sehat. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan memberikan masukan dan saran kepada karyawan, mengenai bagaimana sikap mereka dalam suatu organisasi hal ini dilakukan agar karyawan dapat menyampaikan pesan secara lebih jelas dan efektif, serta lebih cermat dalam memilih pendekatan komunikasi yang sesuai dengan berbagai situasi. Dengan pemahaman mendalam mengenai teori message design logic, organisasi dapat terus mendorong komunikasi yang strategis, efisien, dan mendukung tujuan bersama. Iklim komunikasi yang baik tidak hanya dapat memperkuat hubungan antarindividu dalam organisasi, namun juga dapat memastikan keberlangsungan dari suatu organisasi tersebut dalam menghadapi tantangan di masa depan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | - Abdurrahman - |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:37 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:37 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |