Anggraini, Marshanda (2025) Literasi Media Oleh Tim Sosial Media Kompas.Com Dalam Menanggulangi Berita Hoax Melalui Akun Instagram @Cekfakta.Kompascom. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
LAMPIRANN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas literasi media oleh tim sosial media kompas.com dalam menanggulangi berita hoax melalui akun Instagram @cekfakta.kompascom. Berita hoax merupakan informasi salah atau menyesatkan yang sering kali menyebar dengan cepat di berbagai platform, termasuk media sosial. Fenomena ini paling banyak dijumpai di platform media sosial, di mana pengguna dengan mudah membagikan informasi tanpa melakukan verifikasi. Dalam konteks menanggulangi berita hoax, tim sosial media Kompas.com berupaya untuk memberikan literasi media dengan memanfaatkan akun Instagram @cekfakta.kompascom untuk memberikan klarifikasi dan informasi yang akurat dan sesuai dengan fakta kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menerapkan teori social responsibility. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui literasi media yang dilakukan tim sosial media kompas.com dalam menanggulangi berita hoax melalui akun instagram @cekfakta.kompascom. Hasil penelitian ini adalah media memiliki tanggung jawab untuk menyajikan informasi yang akurat, menjadi sarana edukasi, dan mencerminkan keberagaman masyarakat. Tim sosial media Kompas.com telah membuktikan ini dengan memberikan ruang bagi masyarakat untuk berpikir kritis, bertukar informasi, dan memilih isu yang penting. Selain itu, mereka juga berfungsi sebagai instrumen pendidikan, mengedukasi masyarakat tentang cara memverifikasi informasi menggunakan berbagai alat, dan memastikan berita yang disebarkan melalui akun Instagram @cekfakta.kompascom akurat dan dapat dipercaya. Dengan demikian, tim sosial media Kompas.com berperan dalam menciptakan masyarakat yang lebih cerdas dan waspada terhadap hoax
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | - Abdurrahman - |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:28 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:28 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |