PETUALANGAN EPIC: IMPLEMENTASI ALGORITMA A-STAR DAN FINITE STATE MACHINE PADA AI ENEMY DALAM GAME 3D BLADE OF VALOR SKRIPSI SARJANA INFORMATIKA

Rohman, Al Azriel Galiztan Revansyah (2025) PETUALANGAN EPIC: IMPLEMENTASI ALGORITMA A-STAR DAN FINITE STATE MACHINE PADA AI ENEMY DALAM GAME 3D BLADE OF VALOR SKRIPSI SARJANA INFORMATIKA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (445kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (703kB)

Abstract

Perkembangan industri game yang semakin pesat menuntut penerapan kecerdasan buatan (AI) yang lebih adaptif dan realistis guna meningkatkan pengalaman bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game 3D berjudul "Blade of Valor" dengan mengintegrasikan Algoritma A* sebagai mekanisme pencarian jalur dan Finite State Machine (FSM) untuk mengatur perilaku musuh. Metode yang digunakan mengacu pada Game Development Life Cycle (GDLC) yang mencakup beberapa fase, yaitu tahap inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, hingga release. Pengembangan game dilakukan dengan menggunakan Unity sebagai game engine, didukung oleh perangkat lunak seperti Blender, Adobe Photoshop, dan Visual Studio Code, serta perangkat keras yang memadai. Pada penelitian ini, Algoritma A* diimplementasikan bersama sistem navigasi Navmesh untuk menentukan rute terpendek secara efisien, sedangkan FSM dirancang untuk mengelola transisi state musuh mulai dari keadaan diam (idle), patroli, mengejar, menyerang, hingga mati berdasarkan interaksi dengan pemain dan kondisi lingkungan dalam game. Hasil pengujian, baik melalui uji internal maupun beta testing, menunjukkan bahwa kombinasi kedua metode tersebut berhasil menghasilkan perilaku musuh yang responsif dan realistis, sehingga meningkatkan kualitas gameplay dan memberikan tantangan yang lebih dinamis bagi pemain. Meskipun terdapat beberapa keterbatasan dalam pengaturan lingkungan yang kompleks, Penelitian ini menciptakan peluang untuk pengembangan permainan petualangan 3D yang lebih interaktif dan menarik melalui pengaturan lingkungan yang kompleks.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:13
Last Modified: 02 Jul 2025 03:13
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13240

Actions (login required)

View Item View Item