ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA PENELANTARAN ANAK DALAM PERSPEKTIF PERLINDUNGAN ANAK (STUDI KASUS: NOMOR 24/Pid.Sus/2021/PN Atb)

Santoso, Chintya Apritta (2025) ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA PENELANTARAN ANAK DALAM PERSPEKTIF PERLINDUNGAN ANAK (STUDI KASUS: NOMOR 24/Pid.Sus/2021/PN Atb). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis yuridis terhadap tindak pidana penelantaran anak dalam perspektif perlindungan anak, dengan putusan Pengadilan Nomor 24/PID.SUS/2021/PN.ATB Permasalahan yang dikaji meliputi penerapan hukum terhadap pelaku serta pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan kasus, melalui analisis terhadap regulasi yang relevan serta eksaminasi putusan pengadilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kendala dalam pembuktian serta disparitas dalam pertimbangan hakim terkait sanksi yang dijatuhkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penegakan hukum terhadap tindak pidana penelantaran anak masih perlu diperkuat, terutama dalam aspek pembuktian dan konsistensi putusan hakim. Oleh karena itu, saran yang diajukan mencakup perlunya revisi kebijakan untuk memperjelas sanksi bagi pelaku, peningkatan peran lembaga perlindungan anak dalam proses hukum, serta sosialisasi yang lebih luas guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KF United States Federal Law
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 01 Jul 2025 04:50
Last Modified: 01 Jul 2025 04:50
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13192

Actions (login required)

View Item View Item