HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PASIEN DI KLINIK GOSMILE DENTAL CARE BEKASI

Aziz, Alifah Izani (2025) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PASIEN DI KLINIK GOSMILE DENTAL CARE BEKASI. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Kualitas pelayanan di klinik gigi sangat berhubungan dengan kepuasan pasien. Faktor seperti kecepatan pelayanan, komunikasi tenaga medis, aksesibilitas layanan, kualitas fasilitas, dan kompetensi tenaga kesehatan berperan penting dalam menentukan tingkat kepuasan pasien. Meskipun sebagian besar pasien merasa puas, beberapa masalah seperti responsive dalam pelayanan prima, dan sikap tenaga medis yang kurang komunikatif masih ditemukan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien di Klinik Gosmile Dental Care Bekasi. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain crosssectional. Populasi adalah pasien yang berkunjung ke Klinik Gosmile Dental Care antara Agustus-Oktober 2024, rata-rata 110 pasien/bulan. Sampel berjumlah 86 responden yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara statistik dengan tingkat signifikansi p < 0,05. Hasil : Uji statistik cross-sectional menunjukkan hubungan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien (p-value = <0,001 < 0,05). Simpulan : Kualitas pelayanan yang baik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di Klinik Gosmile Dental Care. Klinik dengan fasilitas modern, tenaga medis kompeten, dan pelayanan yang responsif cenderung meningkatkan kepuasan pasien. Sebagian besar responden dari hasil chi-square adalah perempuan (51,2%) dan berada pada usia dewasa awal (88,4%). Mayoritas responden menilai kualitas pelayanan baik (97,7%) dan merasa puas (98,8%). Saran : Diharapkan dalam memperbaikan dalam aspek ketanggapan dalam membantu pasien yang datang, melayani dengan cepat dan tepat. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Klinik Gigi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 18 Jun 2025 07:37
Last Modified: 18 Jun 2025 07:37
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13005

Actions (login required)

View Item View Item