FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KOTA JAKARTA BARAT

Wulandari, Indah (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KOTA JAKARTA BARAT. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (440kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Permasalahan gizi bagi sampai saat ini masih menjadi tantangan yang nyata di Indonesia. Data menunjukkan bahwa Indonesia menempati urutan tinggi dalam angka prevalensi stunting dan kekurangan gizi di Asia Tenggara. Permasalahan ini dikaitkan dengan tingkat pengetahuan,perilaku ibu, pola makan, aktivitas fisik, dan tingkat stres ibu dalam memenuhi kebutuhan gizi yang tepat. Anak usia prasekolah yang merupakan periode krusial dalam pertumbuhan dan perkembangan harus lebih diperhatikan pada gizinya sehingga tidak berdampak pada kesehatan dan perkembangan mereka di masa depan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi frekuensi dan hubungan dengan status gizi pada anak usia prasekolah di Kota Jakarta Barat. Metodologi: Metodologi penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah anak-anak TK Darul Fikri dan TK Duri Indah, dengan jumlah sampel sebanyak 70 anak prasekolah dan ibu yang memiliki anak prasekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu, perilaku ibu, pola makan, aktivitas fisik, dan tingkat stres ibu dengan status gizi anak prasekolah yaitu dengan ditunjukkan (p<0,05). Simpulan: Status gizi pada anak prasekolah berhubungan dengan tingkat pengetahuan ibu, perilaku ibu, pola makan, aktivitas fisik, dan tingkat stres ibu. Saran: Ibu diharapkan dapat menerapkan cara pemberian dan pengolahan makanan yang baik dan benar, serta terus meningkatkan pengetahuan tentang gizi anak. Kemudian untuk institusi dapat dilakukan pemantauan rutin terhadap status gizi siswa serta memberikan edukasi kepada orang tua mengenai hasil pemantauan tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 02 Jun 2025 08:45
Last Modified: 02 Jun 2025 08:45
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12817

Actions (login required)

View Item View Item