REPRESENTASI PERILAKU KEPEMIMPINAN OTORITER TOKOH CHUN DOO GWANG DALAM FILM 12.12: THE DAY

Septyana, Tria (2025) REPRESENTASI PERILAKU KEPEMIMPINAN OTORITER TOKOH CHUN DOO GWANG DALAM FILM 12.12: THE DAY. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (493kB)

Abstract

Salah satu gaya kepemimpinan yang dikenal adalah gaya pemimpin otoriter, tipe pemimpin ini cenderung diasosiasikan dengan pemimpin diktator. Korea Selatan mengalami dua kali masa kepemimpinan diktator militer yaitu masa Park Chung Hee dan Chun Doo Hwan. Chun Doo Hwan menduduki jabatan sebagai presiden korea setelah sukses melakukan kudeta militer; Seoul Spring. Penelitian ini menganalisis perilaku kepemimpinan otoriter tokoh Chun Doo Gwang dalam film 12.12: The Day menggunakan pendekatan semiotika John Fiske. Tokoh Chun Doo Gwang sendiri terinsipirasi dari sosok presiden Chun Doo Hwan. Dengan teknik Simak Catat dan pendekatan kualitatif deskriptif, dan teori perilaku pemimpin otoriter Farh dan Cheng, ditemukan 13 adegan yang merepresentasikan perilaku ini. Lima adegan yg menggambarkan perilaku kontrol ketat dan ketidakberdayaan bawahan, dua adegan menggambarkan pengabaian kontribusi bawahan, empat adegan menggambarkan fokus pada harga diri dan manipulasi informasi, serta dua adegan menggambarkan ekspektasi kinerja tinggi dengan ancaman hukuman. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tokoh Chun Doo Gwang dapat dikategorikan sebagai pemimpin otoriter.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 28 May 2025 03:54
Last Modified: 28 May 2025 03:54
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12779

Actions (login required)

View Item View Item