ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN SOJU MERK CHUM CHURUM HAN SO HEE DAN KOO KYO HWAN TAHUN 2023 & 2024

Ramadani, Awalia (2025) ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN SOJU MERK CHUM CHURUM HAN SO HEE DAN KOO KYO HWAN TAHUN 2023 & 2024. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (913kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (637kB)

Abstract

Iklan adalah salah satu media yang dapat membantu masyarakat untuk dapat memahami suatu produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan ataupun produsen. Banyak iklan yang sudah ditayangkan baik di televisi maupun di media tulis dan lainnya. Akan tetapi , iklan memiliki keunikannya sendiri sesuai dengan perusahaan yang menayangkannya. Salah satunya , iklan produk minuman paling terkemuka di Korea Selatan yaitu soju. Soju merupakan minuman beralkohol yang menjadi ikon budaya di Korea Selatan. Salah satu brand soju yang paling terkenal di Korea Selatan adalah Chum Churum. Produk minuman yang diproduksi oleh perusahaan Lotte Chilsung Beverage ini menjadi salah satu produknya yang paling terkemuka. Dengan penjualan yang tinggi di masanya saat ini bukan karena sekedar rasa dari minuman tersebut akan tetapi iklan yang membantu kenaikan penjualan minuman tersebut. Iklan yang ditayangkan oleh perusahaan ini turut menggaet publik figur yang lumayan tersohor saat ini yaitu Kim Jennie yang dikenal oleh banyak penggemarnya di berbagai belahan dunia. Penelitian ini menganalisis iklan soju brand Chum Churum yang dibintangi oleh Kim Jennie menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Fokus utama penelitian ini adalah pada Denotasi, Konotasi, dan Mitos yang terkandung dalam iklan. Melalui analisis ini, diharapkan dapat mengungkapkan bagaimana simbol-simbol visual dan naratif dalam iklan dapat menciptakan makna yang mendalam, serta bagaimana iklan tersebut mempresentasikan budaya dan identitas Korea dalam budaya meminum soju di Korea. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan analisis terhadap elemenelemen visual dan teks dalam iklan untuk memahami pesan yang ingin disampaikan kepada audiens.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PJ Semitic
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 28 May 2025 02:32
Last Modified: 28 May 2025 07:07
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12770

Actions (login required)

View Item View Item