GWANSANG DALAM MASYARAKAT KOREA PADA ERA JOSEON: KAJIAN FILM THE FACE READER

Santiar, Mitha (2025) GWANSANG DALAM MASYARAKAT KOREA PADA ERA JOSEON: KAJIAN FILM THE FACE READER. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (857kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (661kB)

Abstract

Gwansang adalah ilmu ramalan Korea yang mempelajari pembacaan wajah atau fisiognomi, dan telah menjadi bagian penting dari budaya Korea, khususnya pada masa Kerajaan Joseon. Praktik ini digunakan untuk menilai karakter, nasib, dan masa depan seseorang berdasarkan fitur wajah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi praktik gwansang di masyarakat Korea era Joseon dalam film The Face Reader. Film tersebut menggambarkan peran penting gwansang dalam kehidupan sosial dan politik pada masa itu, termasuk dalam pengambilan keputusan strategis di istana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori analisis semiotika Charles Sanders Peirce untuk memahami tandatanda yang terkait dengan praktik gwansang dalam film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa The Face Reader merepresentasikan praktik gwansang sesuai dengan teori fisiognomi tradisional milik Eom Won Seop, di mana pembacaan wajah didasarkan pada tiga zona utama wajah yang dapat mencerminkan karakter, pekerjaan, dan riwayat hidup seseorang. Film ini juga menyoroti hubungan antara gwansang dengan kepercayaan masyarakat dalam menilai potensi dan takdir individu, serta pengaruhnya terhadap dinamika kekuasaan di era Joseon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 27 May 2025 07:09
Last Modified: 28 May 2025 07:19
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12763

Actions (login required)

View Item View Item