Analisis Gaya Bahasa Slogan Iklan Minuman dan Makanan Edisi Ramadan Tahun 2024

Nurdina, Firly (2024) Analisis Gaya Bahasa Slogan Iklan Minuman dan Makanan Edisi Ramadan Tahun 2024. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10 (3). pp. 3074-3084. ISSN 27154564

[img] Text
4083-Article Text-16356-1-10-20240704.pdf

Download (556kB)

Abstract

Penggunaan bahasa yang kreatif dan menarik untuk menunjukkan kekhasan suatu produk dalam iklan dapat disebut sebagai gaya bahasa pada iklan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan pada slogan iklan minuman dan makanan edisi Ramadan 2024. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data yang diteliti berupa bahasa tulisan slogan iklan minuman dan makanan edisi Ramadan 2024 yang diambil dari Youtube. Analisis data menggunakan teori gaya bahasa Tarigan yang mengklasifikasi 4 gaya bahasa, yaitu gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan, dan gaya bahasa repetisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa slogan iklan minuman dan makanan edisi Ramadan 2024 paling banyak menggunakan gaya bahasa perulangan. Paling banyak kedua yaitu gaya bahasa perbandingan, kemudian diikuti dengan gaya bahasa pertentangan dan gaya bahasa pertautan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kalimat pada slogan iklan yang menggunakan gaya bahasa terlihat lebih menarik dibandingkan dengan slogan iklan yang tidak menggunakan gaya bahasa. Penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat sebagai sumber acuan penelitian selanjutnya dan membantu dalam pelaksanaan penelitian gaya bahasa, terutama gaya bahasa pada iklan

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Artikel > Sastra
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 12 Feb 2025 02:45
Last Modified: 12 Feb 2025 02:45
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12537

Actions (login required)

View Item View Item