NAVIGATIONAL MESH DAN FINITE STATE MACHINE UNTUK PENGEMBANGAN AI NAVIGASI INTERAKSI NPC PADA GAME “PROJECT ROBOT WARRIOR”

Putra, Galang Hermia (2024) NAVIGATIONAL MESH DAN FINITE STATE MACHINE UNTUK PENGEMBANGAN AI NAVIGASI INTERAKSI NPC PADA GAME “PROJECT ROBOT WARRIOR”. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (382kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (548kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan sistem navigasi AI untuk Non-Player Character (NPC) dalam permainan "Project Robot Warrior" menggunakan Navigational Mesh dan Finite State Machine (FSM). Tujuannya adalah untuk meningkatkan interaksi dan navigasi NPC, memungkinkan pergerakan yang lebih realistis dan dinamis di dalam lingkungan permainan. Navigational Mesh digunakan untuk merepresentasikan dunia permainan, memungkinkan NPC bergerak dengan efektif, sementara FSM digunakan untuk mengelola perilaku NPC melalui transisi state. Penelitian ini melibatkan perancangan, implementasi, dan pengujian sistem AI di dalam Unity Engine, yang menunjukkan peningkatan kinerja dalam pathfinding dan pengambilan keputusan NPC. Penelitian ini berkontribusi pada bidang pengembangan AI permainan dengan menyediakan kerangka kerja yang kuat untuk navigasi dan interaksi NPC, yang berpotensi diterapkan pada berbagai genre permainan. Kata Kunci: Navigational Mesh, Finite State Machine, Pengembangan Game, Interaksi NPC, Unity Engine.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 02 Jan 2025 03:04
Last Modified: 02 Jan 2025 03:04
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12500

Actions (login required)

View Item View Item