PEMEROLEHAN AKHIRAN PENGHUBUNG NEUNDEMAHASISWA BAHASA KOREA TAHUN KEDUA DAN TAHUN KETIGA UNIVERSITAS NASIONALPROGRAM STUDI BAHASA KOREA

MERLITA, SHERLY (2024) PEMEROLEHAN AKHIRAN PENGHUBUNG NEUNDEMAHASISWA BAHASA KOREA TAHUN KEDUA DAN TAHUN KETIGA UNIVERSITAS NASIONALPROGRAM STUDI BAHASA KOREA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (693kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Korea sebagai bahasa asing semakin penting dalam konteks globalisasi dan pertumbuhan ekonomi Korea Selatan. Dengan meningkatnya jumlah mahasiswa di Indonesia yang mempelajari bahasa Korea, penting untuk memahami berbagai aspek dari proses pembelajaran, termasuk penguasaan struktur tata bahasa yang kompleks. Salah satu elemen penting adalah akhiran penghubung -neunde (-는데), yang digunakan untuk menghubungkan klausa depan dan belakang, dan menunjukkan latar belakang atau kondisi untuk melakukan tindakan yang disebutkan di klausa belakang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan pemerolehan akhiran penghubung -neunde (-는데) oleh mahasiswa bahasa Korea tahun ke-2 dan ke-3 di Universitas Nasional serta mengetahui perbedaan kemampuan antara kedua kelompok tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melibatkan 30 mahasiswa dari masing-masing tahun dan 30 penutur asli bahasa Korea sebagai kelompok pembanding, yang diuji dengan tes Grammatical Judgment Test (GJT) yang terdiri dari 25 butir soal benar-salah dalam bentuk kalimat. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara penutur asli dan kelompok mahasiswa dengan skor rata-rata mahasiswa tahun ke-2 adalah 62, tahun ke-3 adalah 69, dan penutur asli adalah 93.5, dan nilai sigfnifikansinya adalah 0.000(P < 0.05). Kesimpulannya, mahasiswa masih memerlukan waktu dan latihan lebih lanjut untuk menguasai akhiran penghubung -neunde (-는데) secara efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 22 Nov 2024 06:52
Last Modified: 22 Nov 2024 06:52
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

View Item View Item