HIPERREALITAS DALAM FILM ALICE IN BORDERLAND KARYA SUTRADARA SHINSUKE SATO

Kharisma, Luthfia Alya (2024) HIPERREALITAS DALAM FILM ALICE IN BORDERLAND KARYA SUTRADARA SHINSUKE SATO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (942kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini membahas film Alice in Borderland karya sutradara Shinsuke Sato untuk mengungkap bagaimana dunia hiperrealitas tercipta dan memberi pengaruh pada perkembangan mental dan emosional karakter-karakter yang terdapat dalam film tersebut. Penelitian analisis deskriptif kualitatif ini menggunakan pendekatan hiperrealitas Baudrillard dan teori film Bordwell untuk menganalisis unsur naratif film. Hiperrealitas didefinisikan sebagai kondisi ketika realitas asli digantikan oleh konstruksi buatan, sehingga batas antara yang asli dan yang tiruan menjadi sulit dibedakan. Baudrillard menjelaskan konsep ini melalui tiga tingkat simulacra. Pada tingkat pertama, tanda masih merepresentasikan realitas; pada tingkat kedua, tanda mulai menutupi realitas yang sebenarnya; sementara pada tingkat ketiga, tanda-tanda menciptakan realitas baru. Dengan menggunakan dua pendekatan ini, hasil penelitian memperlihatkan bahwa hiperrealitas yang terjadi dalam film Alice in Borderland telah mencapai tingkat ketiga simulacra. Pada tingkat ketiga, citra dan simulasi tidak hanya mencerminkan kenyataan, tetapi telah bertransformasi menjadi kenyataan itu sendiri bagi para karakter. Borderland merupakan realitas yang dibuat secara artifisial, menciptakan dunia yang tidak mengikuti aturan dan logika dunia nyata. Dengan demikian, Borderland tidak memiliki referensi yang jelas atau keterkaitan langsung dengan dunia nyata, sehingga menciptakan sebuah realitas yang sepenuhnya terpisah dari realitas asli. Sebagai representasi dari hiperrealitas, Borderland berfungsi sebagai konstruksi buatan yang dirancang untuk menguji batasbatas manusia dan menggambarkan bagaimana simulasi yang mendalam dapat menggantikan serta membentuk pengalaman karakter di dalamnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 07 Nov 2024 04:07
Last Modified: 07 Nov 2024 04:07
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12422

Actions (login required)

View Item View Item