OPTIMALISASI FUNGSI PENGAWASAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN JAKARTA RAYA DALAM PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT TAHUN 2020 – 2023

RAHARDIAN, TINO (2024) OPTIMALISASI FUNGSI PENGAWASAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN JAKARTA RAYA DALAM PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT TAHUN 2020 – 2023. Masters thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB 5 .pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Periode 2020-2023 menjadi periode yang menantang bagi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jakarta Raya. Pandemi Corona Virus Disease 2019 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, telah memberikan dampak serius terhadap pelayanan publik dan hak-hak masyarakat. Di tengah kondisi ini, Ombudsman Republik Indonesia, khususnya Perwakilan Jakarta Raya harus menghadapi tantangan baru dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas. Dalam konteks ini, penting untuk mengkaji upaya Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya untuk mengoptimalkan fungsi pengawasannya dalam penanganan pengaduan. Studi ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jakarta Raya dalam penanganan pengaduan masyarakat periode tahun 2020-2023, serta menemukan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk itu, teori-teori terkait sangat tepat digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan peristiwa kejadian maupun keadaan faktual. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen yang diperoleh dari sejumlah informan dan sumber pendukung lain yang relevan. Data yang digunakan meliputi laporan pengaduan masyarakat, proses penanganan pengaduan, serta evaluasi kinerja Ombudsman dalam menangani pengaduan masyarakat. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan analisis melalui pereduksian, penyajian, pemeriksaan dan penarikan kesimpulan. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi pengawasan Ombudsman masih memiliki beberapa keterbatasan, seperti kurangnya sumber daya dan infrastruktur yang memadai, serta kebutuhan akan sistem informasi yang lebih efektif untuk mengelola pengaduan, ix UNIVERSITAS NASIONAL sehingga rata-rata waktu dalam menyelesaikan laporan masih terbilang lambat. Selain itu, meski Ombudsman memiliki instrumen pemanggilan paksa dan dapat memberikan rekomendasi pemberian sanksi, namun Ombudsman tidak memiliki otoritas untuk menjatuhkan sanksi kepada pihak Terlapor yang terbukti menyeleweng. Namun demikian, penelitian ini menemukan adanya faktorfaktor pendukung, yaitu regulasi, partisipasi masyarakat, koordinasi dan kerja sama, serta akuntabilitas dan transparansi. Sedangkan, faktor-faktor penghambat, adalah tenaga dan sarana, kapasitas organisasi, dukungan, keterpaduan sistem pengawasan, dan otoritas. Dalam upaya mengoptimalkan fungsi pengawasan, penelitian ini merekomendasikan beberapa saran, yaitu: (1) peningkatan sumber daya manusia dan infrastruktur, serta pemberian otoritas yang lebih besar dalam menjatuhkan sanksi; (2) Mereviu kembali pelayanan yang tidak sesuai standar dalam penanganan pengaduan, seerta peningkatan sistem informasi yang lebih canggih untuk mengelola pengaduan; dan (3) memperkuat mekanisme pengawasan internal, agar kompetensi pelaksana pengawasan dan pelayanan menjadi lebih baik. Dengan implementasi saran-saran tersebut, diharapkan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jakarta Raya dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menangani pengaduan masyarakat, sehingga dapat memperbaiki kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengawasan, serta mengurangi patologi birokrasi yang saat ini terasa sangat memprihatinkan. Kesimpulan penelitian ini dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan sistem pengawasan di Indonesia, terutama dalam konteks penanganan pengaduan masyarakat, serta dapat menjadi acuan bagi lembaga pengawasan lainnya untuk meningkatkan kinerja mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Tesis dan Disertasi > Sekolah Pasca Sarjana > Program Studi S2 Ilmu Politik
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:42
Last Modified: 30 Sep 2024 03:42
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12186

Actions (login required)

View Item View Item