HUBUNGAN PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP WIDURI

DEWI, RUSLIANA RAVITA (2024) HUBUNGAN PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP WIDURI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (887kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dalam pelayanan kesehatan salah saunya yaitu Discharge planning atau perencanaan pemulangan, merupakan suatu proses penting dalam perawatan pasien yang bertujuan untuk memastikan pasien memiliki pemulangan yang aman dan lancar setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Discharge planing yang baik dapat membantu mengurangi kecemasan dan ketidakpastian pasien, serta memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang perawatan pasca pemulangan. Hal ini dapat memberikan rasa percaya diri dan meningkatkan kepuasan pasien secara keseluruhan. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan pelaksanaan discharge planning dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap widuri. Metodologi : Penelitian ini dilakukan menggunakan metode desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non probability sampling dengan teknik Purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 91 responden menggunakan rumus slovin. Uji statistik yang digunakan adalah chi –square. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian : Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan pelaksanaan discharge planning dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap widuri RSAB Harapan Kita. Hal tersebut dibuktikan dengan uji chi – square diperoleh nilai p – value :0,000 (p<0,05). Dengan nilai Odd Ratio (OR) 33.600. Simpulan dan Saran : terdapat hubungan statistic yang signifikan antara pelaksanaan discharge planning dengan kepuasan pasien. Bagi institusi pelayanan kesehatan diharapkan pelaksanaan discharge planning yang sudah ada lebih diperhatikan dan ditingkatnkan lagi, serta diberikan kepada semua pasien dimulai sejak pasien masuk ruang perawatan hingga hari dimana pasien diperbolehkan pulang seperti memberikan informasi kepada pasien atau keluarg

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:54
Last Modified: 27 Sep 2024 07:54
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12155

Actions (login required)

View Item View Item