PEMETAAN POTENSIAL AKUIFER DENGAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI SCHLUMBERGER UNTUK MENGESTIMASI SUMBER AIR DI DUSUN CIBENDA, KARAWANG, JAWA BARAT

Oktaviani, Putri Yuhawati (2024) PEMETAAN POTENSIAL AKUIFER DENGAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI SCHLUMBERGER UNTUK MENGESTIMASI SUMBER AIR DI DUSUN CIBENDA, KARAWANG, JAWA BARAT. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV (2).pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pemetaan potensial akuifer di Dusun Cibenda, Karawang, Jawa Barat, untuk mengestimasi sumber air tanah. Dusun Cibenda sering mengalami kekeringan, terutama dipicu oleh fenomena El Nino, mempengaruhi sekitar 1.200 warga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik hidrogeologi, kedalaman, ketebalan, jenis litologi penyusun dan memetakan distribusi spasial serta potensinya di Dusun Cibenda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode geolistrik konfigurasi Schlumberger dengan tiga lintasan pengukuran sepanjang masing-masing 200 meter. Data diolah menggunakan perangkat lunak IP2Win, Strater 5.7, RockWorks 15, dan Surfer untuk menghasilkan model resistivitas bawah permukaan dan distribusi spasial resistivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lapisan bawah permukaan Dusun Cibenda terdiri dari tanah penutup, batu lempung, dan lempung. Tanah penutup bersifat tidak jenuh air, sementara batu lempung dan lempung bersifat kedap air dengan permeabilitas dan konduktivitas hidraulik yang rendah sebesar 10 m/s, sehingga tidak mendukung pembentukan akuifer. Distribusi resistivitas menunjukkan variasi nilai resistivitas di wilayah penelitian, dengan nilai resistivitas rendah pada lintasan GL.1 sebesar 1,77 - 6,79 Ωm dan GL.2 sebesar 1,21 - 10,1 Ωm, serta nilai lebih tinggi pada GL.3 yaitu 3,50 – 36,7 Ωm. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Dusun Cibenda didominasi oleh lapisan akuiklud, sehingga tidak ada potensi akuifer yang signifikan hingga kedalaman 100 meter.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknik dan Sains > Program Studi Fisika
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:30
Last Modified: 09 Sep 2024 03:30
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item