TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN OLEH MAJELIS HAKIM TERHADAP TERPIDANA DALAM DELIK PEMBUNUHAN BERENCANA PADA PENGADILAN NEGERI JAKARTA PUSAT (Studi Kasus : Putusan Pengadilan Nomor : 129/Pid.B/2023/PN Jkt.Pst)

Maeda, Muhammad Rizky (2024) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN OLEH MAJELIS HAKIM TERHADAP TERPIDANA DALAM DELIK PEMBUNUHAN BERENCANA PADA PENGADILAN NEGERI JAKARTA PUSAT (Studi Kasus : Putusan Pengadilan Nomor : 129/Pid.B/2023/PN Jkt.Pst). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover .pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembunuhan Berencana merupakan suatu keadaan di mana pelaksanaan tindakan pembunuhan yang melibatkan perencanaan mengenai cara pelaksanaan, alat ataupun sarana yang dipergunakan, tempat ataupun lokasi, waktu pelaksanaan, dan upaya pelaku guna menghilangkan jejak. hukuman yang diancamkan pada kasus pembunuhan berencana lebih berat dibandingkan dengan pembunuhan biasa. Pelaku pembunuhan berencana dapat dihadapkan pada ancaman hukuman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, ataupun penjara untuk jangka waktu tertentu, dengan batas waktu maksimal dua puluh tahun. Kasus yang dibahas dalam Skripsi ini adalah Kasus Pembunuhan Berencana yang dilakukan oleh Christian Rudolf Martahi. Adapun yang menjadi perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yakni : Bagaimana Penerapan Sanksi Pidana Terhadap Terpidana Christian Rudolf Martahi Tentang Tindak Pidana Pembunuhan Berencana dalam Perkara Nomor 129/Pid.B/2023/PN Jkt.Pst? dan Apakah Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 129/Pid.B/2023/PN Jkt.Pst sudah menerapkan nilai-nilai keadilan?. Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui dan Menganalisis Apakah Penerapan Sanksi Pidana yang diberikan oleh Majelis Hakim dalam Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor : 129/Pid.B/2023/PN Jkt.Pst, sudah tepat dan menerapkan nilai-nilai keadilan untuk diberikan kepada Terpidana. Pada penelitian ini menggunakan yudiris normatif dan dipadukan dengan empiris. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa baik unsur-unsur yang didakwakan dan pertimbangan hakim dalam memutus perkara kepada Terpidana Christian Rudolf Martahi telah menerapkan nilai-nilai keadilan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:32
Last Modified: 24 Jun 2024 07:51
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11329

Actions (login required)

View Item View Item