POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA DALAM PROSES BIMBINGAN SKRIPSI

Afifah, Hodijatul (2024) POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA DALAM PROSES BIMBINGAN SKRIPSI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (447kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi antarpribadi yang terjadi antara dosen dan mahasiwa dalam proses bimbingan skripsi. Dengan menggunakan teori Hubungan Antarpribadi oleh Fordon W Allport terdiri dari (1)Keterbukaan untuk mengungkapkan perasaannya. (2)Cenderung melihat perasaannya secara mendalam beserta penolong (lawan komunikasinya). (3) Cenderung lebih mendengar dengan penuh perhatian dan bertindak sebagai penasihat oleh lawan bicaranya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan interpretif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari pada aspek keterbukaan untuk mengungkapkan perasaan bisa dilihat dari adanya komunikasi antarpribadi antara dosen dan mahasiswa yang bersifat interaksional antara dosen pembimbing dan mahasiswa,terutama berkaitan dengan skripsi. Dilihat dari unsur saling terbuka dengan materi skripsi yang di diskusikan. kecenderungan melihat perasaan secara mendalam berserta penolongnya dilakukan melalui pemahaman satu sama lain, dosen lebih bersifat mengarahakan sekaligus membantu mahasiswa bimbingannya. Pada aspek kecenderung lebih mendengar penuh perhatian dan bertindak penasihat lawan bicaranya dilakukan oleh dosen sebagai penasihat bagi mahasiswa yang bertindak sebagai pendengar yang aktif dan mahasiswa tidak dilepaskan begitu saja dalam proses penulisan skripsinya. Kesimpulan penelitian ini bahwa pola komunikasi antarpribadi dosen dan mahasiswa dalam proses bimbingan skripsi terutama disemester ganjil 2022 telah dilakukan berdasarkan teori hubungan antarpribadi Fordon disarakan baik untuk di Universitas Nasional maupun Universitas lain baik dosen maupun mahasiswa bimbingan skripsi bisa menemukan pola komunikasi yang berbeda untuk bisa membuat mahasiswa lebih mengerti dan memahami setiap proses bimbingan dalam penulisan skripsi. Kata Kunci : Komunikasi Antarpribadi, Dosen Pembimbing, Mahasiswa,

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:08
Last Modified: 11 Jun 2024 07:08
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11132

Actions (login required)

View Item View Item