ANALISIS PEMBERITAAN TRAGEDI KANJURUHAN YANG DIMUAT KOMPAS.COM DAN JAWAPOS.COM EDISI 2 OKTOBER 2022 (FRAMING ZHONGDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI)

Alawiyah, Lulu Astrid (2024) ANALISIS PEMBERITAAN TRAGEDI KANJURUHAN YANG DIMUAT KOMPAS.COM DAN JAWAPOS.COM EDISI 2 OKTOBER 2022 (FRAMING ZHONGDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (822kB)

Abstract

Tragedi Kanjuruhan merupakan tragedi sepak bola pertama di Indonesia yang menewaskan banyak korban jiwa. Hal ini tentu menjadi sorotan media, sehingga banyak pemberitaan yang berseliweran dimasyarakat. Dari banyaknya pemberitaan tersebut penulis terpikirkan untuk melihat bagaimana media membuat sebuah berita yang sedang hangat diperbincangkan. Tujuannya yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pemberitaan Kanjuruhan yang dimuat di Kompas.com dan Jawapos.com sehingga pembaca dapat melihat bagaimana sebuah media dalam menuliskan berita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan konsep pemberitaan dan framing . Dalam penelitian ini , penulis menggunakan metode penelitian kualitatif desktiptif dengan teknik pengumpulan data secara dokumentasi. Untuk pengolahan data,penulis menggunakan framing Zhongdan Pan dan Geralad M. Kosicki yang berkaitan dengan empat stuktur, yaitu sintaksis, skrip, tematik dan retori. Hasil penelitian yakni Kompas.com dan JawaPos.com dapat memberikan informasi yang baik mengenai tragedi Kanjuruhan yang dikemas sesuai dengan struktur sintaksis, skip, tematik dan retoris. Kesimpulan penelitian yakni, kedua media tersebut memiliki cara dan sudut pandang nya sendiri dalam menuliskan berita, sehingga ada beberapa perbedaan di berita yang Kompas.com dan JawaPos.com berikan kepada masyarakat mengenai peristiwa Kanjuruhan. Kata Kunci: Framing, Pemberitaan, Tragedi Kanjuruhan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:35
Last Modified: 11 Jun 2024 04:35
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11103

Actions (login required)

View Item View Item