PENGARUH PENGGUNAAN MADU TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA OPERASI TERHADAP PASIEN POST OPERASI KEBIDANAN DI RSAL DR MINTOHARDJO TAHUN 2023

OFRITA, OFRITA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MADU TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA OPERASI TERHADAP PASIEN POST OPERASI KEBIDANAN DI RSAL DR MINTOHARDJO TAHUN 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAPUS-LAMPIRANN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Infeksi nosokomial menepati urutan kedua sebesar 10% sampai 15%. Salah satu cara mencegah terjadi komplikasi luka operasi dengan memberikan antiseptic maupun antibiotic pada perawatan luka operasi. madu diproduksi di seluruh dunia. Dari berbagai studi penelitian diseluruh dunia modern menegaskan madu adalah makanan sehat dan penyembuh berbagai macam penyakit dan penyembuhan luka. Madu sudah lama digunakan sebagai bahan perawatan luka dan terinfeksi karena efek anti mikroba, angiogenik dan anti inflamasinya.Madu diberikan pada hari ke 3 dan 5 selama 7 hari dengan cara dioleskan pada luka post operasisebanyak 3-5 ml. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui pengaruh penggunaan madu terhadap penyembuhan luka operasi terhadap pasien post operasi kebidanan di RSAL Dr Mintohardjo tahun 2024. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen design. Populasi dalam penelitian post operasi Kebidanan di RSAL Dr Mintohardjo dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Instrumen madu dan NaCl 0,9 % dalam penelitian ini menggunakan skala REEDA. Analisis data yang digunakan uji yaitu menggunakan uji Mann Whitney. Hasil Penelitian Rata-rata hasil penelitian Menunjukkan bahwa pada kedua kelompok; NaCl 0,9% yang diperoleh tidak berdistribusi normal. Rerata hasil uji Mann-Whitney pada kelompok intervensi 1,40 lebih rendah dibandingkan pada kelompok kontrol 2,27 (p-value = 0.05 ).Kelompok perlakuan madu lebih efektif dalam penyembuhan lukan dibandingkan kelompok kontrol (NaCl 0,9%). Kesimpulan dan Saran Adanya pengaruh penggunaan madu terhadap penyembuhan luka operasi kebidanan di RSAl. Dr. Mintohardjo. Sehingga madu dapat menjadi salah satu alternative terapi pada luka post operasi kebidanan. Kata Kunci : Luka paska operasi,madu.NaCL 0,9%. Kepustakaan: 46 pustaka(2010-2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:29
Last Modified: 10 Jun 2024 07:29
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11068

Actions (login required)

View Item View Item