PENGARUH PRODUK DARAH JENIS TRHOMBOPHERESIS DAN TROMBOCYTE CONCENTRATE TERHADAP REAKSI TRANSFUSI PASIEN ACCUTE MYELOID LEUKEMIA (AML) DI RUMAH SAKIT DHARMAIS

Rifai, Tb Bachtiar (2024) PENGARUH PRODUK DARAH JENIS TRHOMBOPHERESIS DAN TROMBOCYTE CONCENTRATE TERHADAP REAKSI TRANSFUSI PASIEN ACCUTE MYELOID LEUKEMIA (AML) DI RUMAH SAKIT DHARMAIS. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Leukemia adalah kanker darah yang terjadi ketika sel-sel darah putih di sumsum tulang berkembang secara tidak normal. Ini dapat memengaruhi pasien dari berbagai kelompok usia, jenis kelamin, dan latar belakang etnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh produk darah jenis Thrombopheresis dan Trombocyte Concentrate terhadap risiko komplikasi reaksi transfusi pada pasien Accute Myeloid Leukemis (AML) di Rumah Sakit Dharmais. Analisis ini akan memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana produk darah trombosit ini mempengaruhi perawatan pasien leukemia serta efeknya terhadap hasil keseluruhan dari perawatan tersebut. Analisis data pada penelitian ini adalah uji Chi Square untuk menentukan hubungan antara penggunaan produk darah trombosit dengan risiko komplikasi reaksi transfusi pada pasien AML. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Dharmais dengan pengambilan data sekunder. Berdasarkan hasil analisa statistik didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan produk darah trombosit dengan risiko komplikasi reaksi tranfusi, diperoleh nilai p-value yaitu 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan produk darah trombosit dengan risiko komplikasi reaksi transfusi pasien leukemia . Hal ini dapat diartikan juga bahwa penggunaan produk darah trombosit berpengaruh terhadap risiko komplikasi reaksi transfusi dan Thrombopheresis adalah produk yang paling baik dan efektif untuk transfusi darah pasien leukemia karena memiliki pengaruh paling rendah terhadap adanya risiko komplikasi reaksi transfusi yaitu sebesar 1% dibanding dengan produk darah TC yang memiliki risiko komplikasi reaksi transfusi sebesar 5,9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Skripsi > Fakultas Biologi > Program Studi Biologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:03
Last Modified: 05 Jun 2024 04:03
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11057

Actions (login required)

View Item View Item