Peran Tax Awareness Dalam Memoderasi Money Ethics Dan Discrimination Terhadap Niat Tax Evasion (Studi Empiris Wajib Pajak Orang Pribadi DKI Jakarta Tahun 2023)

Jati, Putri Kusuma (2024) Peran Tax Awareness Dalam Memoderasi Money Ethics Dan Discrimination Terhadap Niat Tax Evasion (Studi Empiris Wajib Pajak Orang Pribadi DKI Jakarta Tahun 2023). COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7 (3). ISSN 2597-5234

[img] Text
8793 - Published Version

Download (34kB)
Official URL: https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/COSTING/ar...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisdan mendapatkan bukti empirisperan Tax Awarenessdalam memoderasi pengaruh Money Ethicsdan Discriminationterhadap niat Tax Evasion. Populasi dalam penelitian ini ialah wajib pajak orang pribadi. Teknik samplingyang digunakan ialah Purposive Samplingdengan 100 Wajib pajak orang pribadi yang didapatkan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Structural Equation Modeling(SEM) dan data diproses dengan bantuan program SMARTPLS versi 3.0. Hasil uji menunjukkan variabel Money Ethics tidak berpengaruh terhadap Tax Evasion, namun variabel diskriminasi berpengaruh terhadap Tax Evasion. Tax Awarenessdikatakan tidak mampu memoderasi variabel Money Ethicsdan Discriminationpada Tax Evasion.Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya Tindakan Discriminationterhadap Tax Evasion, yaitu suatu perilaku atau tindakan yang tidak adil yang dilakukan oleh fiskus pajak terhadap wajib pajak. Hal ini mempengaruhi wajib pajak untuk melakukan tindakan Tax Evasiondan berpersepsi tindakan tersebut etis meskipun dapat merugikan negara. Money Ethicstidak berpengaruh terhadap Tax Evasionbegitu pula dengan Tax Awarenesstidak dapat memoderasi antara hubungan Money Ethicsdan Discrimination. Hal tersebut dikarenakanbahwa masih banyak wajib pajak yangmenaati peraturan perpajakan bukan atas dasar kesadaran diri sendiri dan juga bisa disebabkan karena tarif pajaknya terlalu tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Pajak, Etika Uang, Diskriminasi, Penggelapan Pajak.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Artikel > Ekonomi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 30 May 2024 03:10
Last Modified: 30 May 2024 03:10
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11045

Actions (login required)

View Item View Item