PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI DI KECAMATAN CIPUTAT TIMUR, KOTA TANGERANG SELATAN, PROVINSI BANTEN THE ROLE OF AGRICULTURAL EXTENSIONERS IN EMPOWERING FARMER GROUP IN CIPUTAT TIMUR DISTRICT, TANGERANG SELATAN CITY, BANTEN PROVINCE

Mardiansah, Riski (2023) PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI DI KECAMATAN CIPUTAT TIMUR, KOTA TANGERANG SELATAN, PROVINSI BANTEN THE ROLE OF AGRICULTURAL EXTENSIONERS IN EMPOWERING FARMER GROUP IN CIPUTAT TIMUR DISTRICT, TANGERANG SELATAN CITY, BANTEN PROVINCE. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (59kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran penyuluh pertanian sebagai fasilitator, edukator, dan motivator secara parsial dan simultan dalam pemberdayaan kelompok tani di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Metode pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Purposive Sampling dengan pengambilan respondennya yaitu pengurus setiap kelompok tani dan ditambah 1 penyuluh pertanian yang membina kelompok tani di Kecamatan Ciputat Timur. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah Skala Likert dengan teknik skoring dan uji analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penyuluh pertanian sebagai fasilitator, edukator, dan motivator berperan secara parsial dan simultan dan mempunyai pengaruh terhadap pemberdayaan kelompok tani di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penyuluh pertanian sebagai fasilitator mempunyai pengaruh positif secara parsial, peran penyuluh pertanian sebagai edukator mempunyai pengaruh positif secara parsial, peran penyuluh pertanian sebagai motivator mempunyai pengaruh positif secara parsial, dan peran penyuluh pertanian sebagai fasilitator, edukator, dan motivator mempunyai pengaruh positif secara simultan terhadap Pemberdayaan Kelompok Tani di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 22 May 2024 07:14
Last Modified: 22 May 2024 07:14
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11028

Actions (login required)

View Item View Item