EFEKTIVITAS TUMBUHAN MELATI AIR (Echinodorus palaefolius) DAN TERATAI (Nymphaea pubescens) SEBAGAI FITOREMEDIASI DALAM PROSES PENGOLAHAN LIMBAH CAIR RUMAH TANGGA EFFECTIVENESS OF WATER JASMINE (Echinodorus palaefolius) AND LOTUS (Nymphaea pubescens) AS PHYTOREMEDIATION IN THE HOUSEHOLD LIQUID WASTE TREATMENT PROCESS

SETYOWATI, NITA SARI (2023) EFEKTIVITAS TUMBUHAN MELATI AIR (Echinodorus palaefolius) DAN TERATAI (Nymphaea pubescens) SEBAGAI FITOREMEDIASI DALAM PROSES PENGOLAHAN LIMBAH CAIR RUMAH TANGGA EFFECTIVENESS OF WATER JASMINE (Echinodorus palaefolius) AND LOTUS (Nymphaea pubescens) AS PHYTOREMEDIATION IN THE HOUSEHOLD LIQUID WASTE TREATMENT PROCESS. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Limbah cair rumah tangga adalah cairan yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga seperti mencuci, mandi dan sisa cairan hasil memasak. Limbah cair rumah tangga yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga secara terus menerus dapat menimbulkan gangguan dan keseimbangan terhadap lingkungan. Limbah cair rumah tangga hasil aktivitas sehari-hari banyak dibuang keselokan dan akan mengalir ke sungai sehingga akan mencemari badan air dan menyebabkan air sungai menjadi tercemar, bau, dan berubah warna. Salah satu cara pengolahan limbah cair adalah dengan melakukan fitoremediasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh biomassa melati air dan teratai terhadap kadar Amonia, BOD, COD, TSS, suhu, pH dan Fosfat pada limbah cair rumah tangga. Variabel bebas penelitian adalah jenis biomasa (melati air, teratai) dan waktu waktu penerapan limbah. Variabel terikat meliputi kadar Amonia, BOD, COD, TSS, Suhu, pH, dan Fofpat. Tahapan penelitian meliputi 1) pembersihan akar dan batang tanaman melati air dan teratai, 2) penerapan tumbuhan dengan limbah, dan 3) pengukuran variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan fitoremediasi menggunakan tumbuhan melati air lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan tumbuhan teratai. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengukuran dari parameter Amonia, BOD, COD, Suhu, pH dan TSS bahwa tumbuhan melati air menujukan adanya penurunan lebih tinggi dari tumbuhan teratai. Hal ini juga didukung dengan hasil analisa menggunakan Anova dua arah dan Uji T pada kedua kelompok tanaman tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Skripsi > Fakultas Biologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 22 May 2024 06:28
Last Modified: 22 May 2024 06:28
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11023

Actions (login required)

View Item View Item